Blog

Ke Bogor, salah naik KRL

Hari ini (Sabtu) aku ke Bogor dalam rangka meeting kerjaan. Biasanya kalau ke Bogor urusan kerjaan aku naik mobil sama bos. Berhubung nih weekend aku minta berangkat sendiri naik KRL aja. So, naik KRL sendirian. Ini pertama kalinya ke Bogor naik KRL. Aku udah tahu jalur dan kereta tujuan Bogor jadi udah pd banget dong gak pakai tanya-tanya petugas.
Yeahhaa. Aku udah nyampai stasiun kebanggan stasiun Tanah Abang. Aku langsung nungguin kereta tujuan Bogor di jalur 3. Keretapun datang dan aku langsung naik. Ini tumben banget kebagian tempat duduk. Senangnya~
Seperti biasa pasti ada pengumuman dari crew krl yg nginfoin tentang krl yg sedang ditumpangi. Awalnya aku gak merhatiin tuh pengumuman, eh pas denger “kereta dengan tujuan akhir Nambo…..” bikin aku kepo dan was-was. Dengan berlagak biasa aja pura-pura gak bingung, aku googling stasiun nambo tuh Bogor apa bukan. Well, dr info yg aku baca ternyata stasiun Nambo itu bukan di Bogor. Jadi, stasiun Nambo itu di daerah Depok. KRL yang sedang aku naikin ini gak ke Bogor tapi ke Nambo. Memang dari stasiun Tanah Abang nih kereta ada di jalur Bogor dan arah ke Bogor cuma belok arah sewaktu nyampai di stasiun Citayam. Stasiun Citayam itu sebelum masuk kawasan Bogor. Berhubung gak terlalu yakin, aku nanya temenku via whatsapp, dan emang bener krl Nambo itu gak ke Bogor. Well, sebelum terlalu jauh, aku mutusin buat turun dan transit di stasiun Manggarai. Sebenernya boleh si kalau mau transit di stasiun lainnya, misal stasiun Depok atau Citayem. Cuma lebih aman biar gak keblabasan alternatifnya transit di Manggarai aja. TAPI SEBAIKNYA NAIK JURUSAN BOGOR SEDARI DI TANAH ABANG BIAR GAK REPOT TRANSIT DAN REBUTAN KRL (LG). (Makanya perhatiin pengumuman sewaktu mau naik krl, biar gak salah naik). Kalau udah terlanjur naik jurusan Nambo baru dah transit di Manggarai. :p

20170923_091120
Sewaktu transit di stasiun Manggarai.

Yuhuuu, aku turun dan transit. Lumayan lama nungguin kereta di Manggarai dan aku menikmati perjalanan ke Bogor dengan nyaman. Soalnya kebagian tempat duduk. Ahaha.
Perjalanan ke Bogor butuh waktu lumayan lama, melewati banyak stasiun (aku gak ngitung) jadi rada bosen. Ngilangin bosen dengan pasang headset dan dengerin lagu kesukaan. Berhubung aku dari kemaren lagi suka lagunya Niall yg terbaru “too much to ask” sama Justin B “can we be friend” so, selama perjalanan aku dengerin dua lagu diulang-ulang. Hahaha.
Yeey, setelah sekian lama akhirnya nyampe juga di stasiun Bogor. Akhirnya sampai juga dengan selamat. Alhamdulillah.

Stasiun Bogor.

16 september

Perkenankan aku untuk mengatakan ini

Menyeru do’a ini

Selamat tanggal 16 september

Selamat hari lahir 16 september

Selamat ulang tahun 16 september

Selamat menginjak ke 25 kali menemui tanggal 16 september

Do’aku teruntukmu

Semoga Allah meridhai apapun yang kamu inginkan

Semoga Allah memberkahi kuliahmu, kerjaanmu, kegiatanmu, ibadahmu

Semua, apapun itu

Semoga Allah memudahkan dalam semua urusanmu

Semoga Allah memberimu kesehatan dan kebahagiaan

Kalimat ini yg aku sampaikan

Terimakasih telah berkenan

Selamat ulang tahun ya.

16 september 2017

Buah Tangan dari Pergi

Aku suka banget baca-baca puisi,  aku follow akun instagram dan line yang contentnya berupa puisi-puisi gitu. Hari ini aku mau share salah satu puisi yang aku baca siang ini. Gak tau judulnya apa, soalnya gak dicantumin, aku tulis judul yang di ambil dari baris pertama. Puisi ini ngena banget nih, alias membuat baperku kambuh. Paham banget dah yang sedang dirasain sama si  pembuat puisi ini (gak tau siapa yang bikin, tertulis “s.t.k”) Soalnya aku pernah begitu juga. Hiks.

Buah tangan dari pergi
itu selalu berupa bingkisan
dengan warna yang sama;

sembab di mata,
hitam di sekitar rongga dada.
lembab di kepala, dan-
lebam disini saja.

karena disana,
kau tidak merasakan apa-apa.

(s.t.k)

Jakarta, 13 September 2017.

Melihat mereka, aku iri dan menyesal

Sedih rasanya melihat mereka yg sedang kuliah di kampus impianku
Sedih
Iri
Nyesel
Kenapa dulu gak berusaha keras biar kuliah disana
Mungkin aku akan punya pengalaman yg sama seperti mereka
Menimba ilmu disana
Mendewasakan diri disana
Mengasah skill dan bakat disana
Berkarya disana
Belajar merintis karir disana
Bahkan melanjutkan study S2 disana
Seandainya bisa kembali dimasa lulus SMA
Aku akan semaksimal mungkin berjuang untuk kuliah disana
Setiap melihat mereka yg disana
Setiap melihat kegiatan mereka
Setiap melihat tempat mereka yg disana
Entah kampus, asrama, lapangan, taman, perpustakaan, ruang rapat, basecamp organisasi dan lainnya
Dalam hati selalu mengatakan “ya, itu semua pas, cocok, tepat dengan diriku”
Seandainya aku ada disana bersama mereka
Terbesik termotivasi untuk seperti mereka
Tapi hanya angan
Usia, keadaan, situasi yg tak memungkinkan
Yang aku lakukan sekarang
Mencoba, berusaha ridho ikhlas dan berpikir positif dengan aku yg sekarang

Setelah melihat mereka di IG, September 2017

Cerita dari Tiket Setengah Jalan, Ojek, Bis Ekonomi, dan Macet Parah

Berangkat ke perantauan dengan naik kereta sudah biasa ya. Tapi jadi gak biasa kalau ada kejadian yang luar biasa selama perjalanan. Ah lebay.

Seperti yang aku alami nih dan aku yakin gak ada yang pernah mengalami hal serupa kayak aku kemarin. Penasaran kan? 😀

Gini faktanya:

Kemaren aku abis mudik ke kampung halaman di Purwokerto kota satria. Berangkat lagi ke perantaun malem-malem sekitar jam setengah delapan dengan naik kereta. Karena momen idul adha jadi rame dan banyak yang kehabisan tiket. Untung aku dapet soalnya udah booking dari sebulan yang lalu.

Tapi keberuntungan aku gak beruntung banget nih. Why? Aku dapet tiket kereta purwokerto-Cirebon Prujakan. Yap, bukan purwokerto-Pasar Senen. Bukannya gak mau ya, dari sebulan yang lalu udah habis tuh jurusan ke Pasar Senen. Adanya tujuan Cirebon Prujakan yaudah lah ya, aku beli tuh tiket. Waktu itu aku pikir, lumayan kan dapet tiket Purwokerto-Cirebon Prujakan dari pada gak dapet tiket sama sekali. Udah niatan nih, nanti dari Cirebon aku sambung naik kereta ke Pasar Senen dengan ngandelin tiket cancelan Cirebon-Pasar Senen/Gambir. Ohya, dari sebulan yang lalu juga udah habis tuh tiket jurusan Cirebon-Pasar Senen. Jadi gak bisa beli, it means aku cuma ngantongin tiket kereta ke Cirebon Prujakan.

FYI, tiap hari selama sebulan aku cek-cek terus KAI access, berharap ada tiket cancelan yang nongol, entah Purwokerto-Pasar Senen atau Cirebon-Pasar Senen. Tapi nyatanya selama sebulan aku cek-cek KAI access gak ada tuh tiket cancelan. Ngeselin kan!

Aku mencoba ridho lah ya, gak dapet tiket. Berpikir positif, berharap nanti bakal dapet tiket yg ke Pasar Senen. Meski aslinya aku was-was, khawatir, gak tenang hahahaha. Gimana mau tenang, tiket langsung ke jkt belum di tangan.

Itu latar belakangnya ya.. 😀

Malam itu aku ke stasiun Purwokerto dengan mengantongi tiket ke Cirebon dianter bapak. Bapak aku baik banget, nelangsa jadinya aku tinggalin di kampung. Hiks.

Setibanya di stasiun aku ke loket buat nanyain tiket ke Pasar Senen kali aja ada tiket cancelan eh nyatanya zonk yang tiket Cirebon-Pasar Senen juga zonk, udah habis semua. Kecewa….. dan

Lima belas menit kemudian kereta ku dateng, dan aku naik dong. Selama di dalam kereta aku cek-cek KAI access terus buka tutup buka tutup sambil berharap ada tiket cancelan. Selama perjalanan, gak tenang sama sekali, dan bingung mau turun di Cirebon atau lanjut aja ntar turun di Pasar Senen. Kalau turun, ribet, soalnya aku bawa barang banyak banget (maklum orang kampung mah suka nitip barang buat keluarga yang di jakarta), terus juga aku belum ada tiket kan, takut gak dapet tiket ntar aku gimana, nginep di stasiun atau gimana, soalnya udah pesimis nih sama tiket cancelan.

20170903_213110
Nih banyak banget kan barangku, itu berat itu. (ini selagi siap-siap mau turun dari kereta).

Kalau di sinetron kayak gini penggambarannya kali ya.

Setan jahat: “Pang, lu turun Pasar Senen aja, gak bakal ketauan juga. Aman. Dari pada ntar di cirebon lu gak dapet tiket, kan”.

Jin baik (aku sebut jin baik aja ya) : “Jangan Pang, gak bakal tenang kalau kamu. Nanti ketauan kamu bisa malu, dan dituruinin di stasiun kecil yang bisa jadi gak ada kereta yang berhenti.
 Setan jahat : barangmu banyak, berat, susah bawanya mending duduk aja di kereta sampai stasiun Senen. Kalau lu gak dapet tiket ke senen lu mau nginep di stasiun? Udah gak ada tiket cancelan loh.

Jin baik : Udah, turun aja, inshaAllah ada tiket cancelan.

Aku : Bingung serius. Hiks. Mau jujur atau gak jujur?

Teng tong  terdengar “sebentar lagi kereta akan sampai di Cirebon Prujakan, bagi yang akan turun harap bersiap-siap”.

Aku gak tenang, fix aku pilih jujur aja deh. Langsung aku angkut barang-barangku tuh dan turun. Karena barangku berat, banyak mata tertuju pada diriku eaaa~ aku tau pasti pada kasian liat aku bawa keberatan. Hahaha, tapi gak ada yang gak tega nih, gak ada yang mau ngebantuin. -,- Petugas angkut barang yang biasa ada di staisun juga gak ada, mungkin karena udah mau tengah malem kali yak. Karena dari peron ke pintu keluarnya jauh, tambah lagi ke ruang tunggu dan loket jauh, sebagaian barangku aku taruh di pinggiran toko stasiun. Hahaha. Gak kuat. Untung gak ilang. 😀

Dan aku ke loket buat mastiin ada tiket cancelan apa gak. Katanya gak ada dan kemungkinan sangat kecil buat ada tiket. Hiks. Aku langsung kecewa dan cek-cek KAI access sambil miikir ini aku harus gimana. Di situasi gak ada tiket, sudah jam setengah 11 malem, aku cari akal, sambil googling-googling  nyari travel dan penginapan. Gak da info travel yang jam sgitu masih buka. Aku cari penginapan yang deket stasiun, oke nemu. Ya udah, aku ke penginapan aja.

Karena pengen irit kan ya, aku pesen grab bike. Eh dilalah aplikasi Grabku eror gak bisa dipakai. Bayangin aja disituasi kek gitu ada aja kendala sepele yang muncul. Hahaha. Aku copot dan donwload ulang. Eh gagal-gagal terus, mencoba lag, lagi dan lagi sampai akhirnya berhasil.

Aku dapet abang Grab kan, terus ditanyain mau kemana, aku bilang mau ke penginapan bla bla di jalan lupa nama jalannya. Sampai jalan penginapan, abangnya gak tau persis sebelah mana tuh penginapan, terus tanya ke abang-abang di warung pinggir jalan. Ternyata penginapannya udah tutup. Waduh.

Terus abang Grab nyaranin ke penginapan lain yang dia tahu, ya aku nurut aja. Aku ngobrol sama abang Grab, kalau aku sebenernya mau ke Jakarta tapi dapet kereta Cirebon jadi turun di Cirebon. Karena kehabisan tiket Cirebon-Jakarta mau gak mau aku nginep di Cirebon terus besok paginya baru berangkat ke jakarta naik travel. Eh, abang grab nawarin mau di anter ke travel sekarang aja, atau ke agen bis sekarang. Wahh, aku mau banget lah dari pada nginep sendirian yang belum jelas tuh penginapannya kayak apa, iya kan. Baru tau aku kalau jam 11san masih ada bis yang mangkal buat pemberangkatan malam itu juga.

Aku dianter ke agen travel, eh ternyata udah tutup, terus ke agen bis tapi jurusan Pulo Gebang. Kata abang Grab kejauhan kalau nanti turun di Pulo Gebang, mending naik bis yang jurusan Merak dan nanti turun di Slipi. Tapi gak papa, itu bis non AC neng? Oh gak papa, aku nurut!

Aku dianter ke agen satunya sama bapaknya, yaampun abang Grabnya baik banget. Disitu aku merasa beruntung banget, rasanya dilindungi dan dijauhin dari kesusahan. #lebayiyaemanglebay

Nah nyampai deh di agen bis jurusan merak. Aku sangat terbantu sama abang Grab. Taudeh kalau gak ketemu abang Grab yang itu. Tadinya mau kasih uang 50rb tapi pas turun aku malah plinplan, cuma ngasih 20rb. Terus nyesel sepanjang jalan. T.T (ini gak pakai harga yang tertera di aplikasi Grab ya)

Waktu naik bis, hawanya udah gak enak nih, baksound lagunya lagu dangdut pantura, terus gak AC. Sebenernya gak masalah sih, cuma ya sedikit takut juga kan, kali pertama naik bis ekonomi non AC dari Cirebon, tengah malam, sendiri dan bawa barang banyak. Kebayangkan aku gimana waktu itu? 😀

Lanjut aku udah di dalam bis.

Dari pada keliatan banget sendirianna, aku sksd aja sama mas-mas yang duduk dibangku depan. Ehh ternyata alamatnya sama, nanti turun di Slipi. Beruntung kan ya. Aku jadi ada temen turun. Hahaha.

……..

Setelah nunggu lumayan lama mungkin setengah jam lah, akhirnya bispun melaju menuju Jakarta. Selama perjalanan ditemenin dengan backsound lagu dangdut. Aku si nikmatin aja. Hahaha.

Aku perhatiin penumpangnya 87% kaum adam. Hahaha. Penuh tuh bis. Sampai desak-desakan gitu. Aku ngerasa beruntung lagi nih sebangku sama bapak-bapak baik, satu bangku bertiga. -,- Bapak-bapak sampingku mungkin ngeliat aku kasian kali, bawa tas gede dan barang banyak, beliau bantuin aku mangku barangku. Selama perjalanan gak banyak ngobrol karena aku tidur hahaha. Wajar sih, namanya juga bis ekonomi dengan pemberangkatan malam, jadi ugal-ugalan selama perjalanan. Rada ngeri sebenernya, tapi bismillah aja deh. 😀

Sekitar jam 2 tau 3 mulai kena macet di daerah perbatasan Karawang. Macet ber km-km -,-. Penyebab macet karena ada perbaikan jalan juga kendaraan yang melintas banyak truk-truk dan bis gede. Mau gimana lagi kan ya menikmati macet gitu deh. Sambil merhatiin luar dari jendela, aku liat sopir-sopir sama orang yang kerja di truk juga di jalan, jadi mrebes mili. Mereka kerja gitu demi keluarga, rela di jam-jam istirahat mereka di jalan dan bertarung untuk menaklukan jalan, tiap hari loh. Coba bayangin perjuangan dan pengorbanannnya, kita sebagai anak gak ngerasain perjuangan bapak kerja, Yaa Allah, aku jadi ngerasa banyak salah ke bapak (meski bapakku gak kerja di jalan), juga jadi ngerasa banyak dosa, orang sering ngeluh sama keadaan dan pekerjaan. T.T

Gak bersyukur si, makanya kalau bandingin pekerjaan diri sendiri dengan pekerjaan orang lain yang lebih berat bukan dengan pekerjaan yang keliatannnya enak dengan gaji gede, ini ngomong sama diri sendiri. Ehh jadi ngalor ngidul nih ceritanya. Ahahaha.

Kembali ke pembahasan macet.

Sampai di Km berapa gitu, udah mulai lancar tapi cuma bentar. Aelah`

Sekitar jam 4tan kali, mulai macet lagi tuh di Cikarang, ini mah sumpah macetnya bikin semua penumpang kesel. Beberapa meter aja perlu ajtu sejam hahaha. Macet parah. Waktu itu aku udah filling pasti nyampe Jakarta bakal lebih dari jam 7.

Gila, macetnya puluhan km kali, bis gak maju-maju, udah gak sabar turun soalnya aku udah niatan mau tetep masuk kerja. Aku ngeWa HRD buat ngasih tau kondisiku yang waktu itu terjebak macet. Setelah aku jelasin ini itu, dan kirim gambar macet, akhirnya aku dapet ijin, meski awalnya kayak gak percaya dan nyalahin gitu but finally yaa dapet ijin. Hahahaha.

Dalam kondisi sesak, bau, haus, laper, ada nih pedgang asongan ang masuk ke bis buat nawarin air minum, sama camilan penganjal perut. Sebenrnya kasian juga, cuma waktu itu aku gak pengen, meski laper tapi bener gak nafsu buat minum atau ngemil. Penuh emosi pokoknya kesel sama bis juga macet.

Nah, beberapa jam kemudian lepas dari kemacetan di Cikarang, ehh lagi lancar-lancarnya, bis tiba-tiba mogok. Njir pisan. Kabel gasnya putus. Edyaan, makin emosi nih penumpang bis. Banyak yang turun kan, soalnya panas dan sumpek di dalam bis, aku si gak ikut turun, mager soalnya.

turun
Nih pada turun waktu bis mogok.

Aku tanya ke bapak samping, ni gimana, apa kita bakal di oper ke bis lain apa nungguin perbaikan? Bisa jadi kata bapaknya. Bener-bener gak jelas nih nasib penumpang bis digantungin gak jelas, entah di oper apa menunggu. Sang sopir sama kenetnya berusaha benerin lama banget, tapi gak berhasil. Para penumpang makin kesel dan gak sabar (yaiyalah orang mereka Senin kan masuk kerja) ini malah masih dijalan belum nyampe jakarta padahal udah jam 7an. Wajar aja! Yang penumpang cewek pada gak sabar jadi mereka nyarter mobil, so tersisa cewek yang di bis, 3 orang termasuk aku. Wkwkwkwkw

Sambil nungguin perbaikan, usaha sang sopir adalah manggil montir untuk benerin kabel yang rusak. Si montir lama banget gak dateng-dateng 1,5 jam ada kali. Pokoknya waktu itu bener-bener kesel tapi gak bisa apa-apa. Mana terminal bisnya jauh, jadi gak mungkin juga turun disana. Ya mau gak mau nungguin abang montir.

Akhirnya setelah penantian panjang, bis kembali baik. Alhamdulillah. Para penumpang kembali naik dan melanjutkan perjalanan. Udah seneng kan ya, setelah berapa Km gitu, eh kena macet, njir banget itu udah di Cikarang barat. Bener-bener musti Sabar level tinggi!

Yaudah lah ya, sabar aja.

Sambil mrebes mili gitu meratapi nasib, tambah mrebes mili lagi soalnya dimarahin ibu juga tanteku. Yaelah, nyalahin gegara aku naik bis. Lah gimana orang itu juga terpaksa sangat bukan karena sengaja naik bis. Pokoknya nelangsa-nelangsa sambil liat kendaraan yang pada macet dari jendela bis. T.T diliatin sama penumpang kendaraan lain, bodo amat aku mrebes mili. Mungkin yang dipikirin orang yang liat aku “tuh bocah cengeng amat”. Taudeh, bodo amat. Ahaha.

Terus udah nyampe di daerah Bekasi kayaknya, mau masuk gerbang tol eh busehh macet lagi. Puluhan kilo itu. Tambah lama, tambah gak nyampe-nyampe. Entah jam berapa itu. Heran padahal hari Senin bukan weekend, bisa macet parah berkali-kali gitu. Aku udah pasrah aja deh mau nyampe Slipi jam berapapun yang penting selamat, meski badan udah remuk.

macat akhir
Entah ni macet yang mau masuk gerbang tol atau yang di Cikarang.

Finally, nyampe Slipi sekitar jam setengah 12 siang. Alhamdulillah selamat. Ehh aku turun bareng sama mas-mas yang aku SKSDin dan sama bapak-bapak sampingku yang kebetulan gak tau namanya. Si bapak-bapak bentuin aku sampai bawa turun barang. Baik banget, aku nyesel cuma ngucapin terimakasih aja tanpa ngasih sesuatu sebagai tanda terimakasih. Tapi ya udahlah. Si bapak langsung naik elep melanjutkan perjalanan, aku naik Gojek dan 5 menit kemudian nyampe rumah.

Begitu cerita aku balik ke perantaun dengan tanpa prediksi bakal kayak gtiu. Hahaha. Banyak hikmah yang aku temuin. Kesimpulan dan pelajaran yang bisa dipetik mungkin kurang lebih kayak gini:

• Jangan ngandelin tiket cancelan, kalau dari sebulan yang lalau udah kehabisan tiket, mending beli tiket ke calo, terus beli tiket tempat asal langsung ke tempat tujuan, jangan beli tiket seadanya yang Cuma setengah jalan/transit karena kejadian diluar dugaan kemungkinan terjadi. (meski gak bener si, cuma calo sangat membantu kata temenku). Jujur aku gak pernah beli ke calo. Bukan karena gak mau, tapi karena sebelumnya aku gak tau. Kalau tau mah mungkin aku udah beli ke calo waktu itu. Hahahaha. Kirain zaman sekarang gakda calo eh kata temenku masih ada. 😀
  • Kadang butuh juga mengalami keadaan kayak gitu, agar kita bisa tambahin bersyukurnya.
  • Perlu juga ketemu atau bareng orang-orang dengan background dan pekerjaan yang berbeda, bisa dapat info, belajar, dan jadi nyarger keimanan kita.
  • Perlu juga naik kendaraan umum yang boleh kita dibilang “gak nyaman”.
  • Perlu juga ke tempat yang belum pernah kita kunjungi, jadi tambah pengalaman.
  • Perlu juga mengalami kemacetan, agar tau keadaan disekitar kemacetan, jadi bisa ngaca tentang kehidupan #eaaa, belajar sabar, ridho dan ikhlas.
  • Jadi bisa merasakan perjuangan orang-orang yang kerja di Ibu kota yang ninggalin keluarganya di kampung.
  • Masih banyak lagi.

Kebayang naik transportasi umumnya

Kebayang perjuangannya

Kebayang bagi waktunya

Tidak tahu persisnya seperti apa

Tapi tahu bagaimananya

Jakarta, 6 september 2017

Demi mudik malam ini

Ceritanya, sepulang kerja aku langsung ke stasiun pasar senen. Yap, mau mudik. Emang udah niatan langsung ke stasiun tanpa mampir rumah dulu.

Pulang kantor, langsung ke stasiun kalideres terus lanjut ke stasiun pasar senen. Setengah enam sore otw, untung sesampainya kalideres aku langsung dapet KRL. Well, langsung naik dan gak kebagian tempat duduk, berdiri sampai stasiun duri. 😦

Karena jam-jam pulang kantor plus pada mudik jadi stasiun dan KRLnya penuh banget. Kaki ketemu kaki, tangan ketemu tangan, pantat ketemu pantat, tapi jodoh gak ketemu jodoh. #apasih. Terus sampai dong ya di stasiun duri, karena mau ke stasiun senen jadi musti transit ke jalur 1 KRL tujuan Jatinegara.

“Ingat, di jalur 1 ada KRL tujuan Angke dan Jatinegara. Kalau mau ke senen naiknya KRL jatinegara yak!”

Lanjut KRL Jatinegara, gak disangka ternyata lama bener perjalanan mana aku berdiri lagi -__ gak nyampe-nyampe senen padahal aku lagi ngejar kereta mudik yg jam 18.30. Hahaha jam segitu aja aku masih di duri. Oke, aku ikhlaskan. Ubah rencana jadi ngejar kereta yg jam 19,20,21,22,23.

Ohya, kereta ke Jatinegara gak berhenti di senen jadi aku turun di stasiun kemayoran, sambung naik gojek.

“Alternatif turun kemayoran sambung naik ojek. Jaraknya sekitar 1-2 km kok deket. Gojek juga cuma 5000”

Nyampai senen langsung ke loket, wew ternyata banyak juga yg antre. Aku ikutan antre sambil ngecek-ngecek KAI access kali aja kan ada tiket cancelan. Ini aku belum dapet tiket tapi nekat mau pulang malam itu juga. Berharap dapet tiket cancelan. Hahaha. Padahal aku udah ngantongin tiket tapi jadwalnya besok pagi, kan pengennya malam itu juga otw. Hehehe. Jadi aku nekat dan berjuang dapet tiket. Dari puluhan orang yg antre, 98% kaum adam. Yap, hanya 2 kaum hawa. Hahaha. Bodo amat dah, aku gak peduli demi sebuah tiket cancelan apapun aku perjuangin.

Cara dapetin tiket cancelan yang sebenernya kemungkinananny 50:50. Jangan terlalu berharap dengan tiket cancelan soalnya gak mesti ada. Nek lagi bejo lan rejeki yo olih. Nek ora yo, musti legawa, ikhlas, sabar lan ridho. 😀

Caranya, kamu musti stand by di deket loket, sambil antre terus antre lagi, kalau di antrean pertama ternyata tiket cancelan belum ada, ya udah kamu balik lagi ke antrean paling belakang, seterusnya gitu sampe berkali-kali. Hahaha.

Aku antre nih bareng yg lain, maju, mundur, bolak balik. Dari urutan 1 kembali ke belakang, nyampe urutan 1 balik lagi ke paling belakang, sampai 9 kali ada aku. Hahaha. Demi tiket kan!

Pengalaman njir banget, yg antre belakang aku dapet tuh, karena pas dia diurutan 1 ada tiket cancelan yg nongol. Yg 2 depan gue juga dapet. Ah. Aku kesel sendiri. Malam itu bener-bener perjuangan demi sebuah tiket. Sambil ngobrol dengan yg lain, yg sama-sama pengen mudik malam ini juga. Sama-sama berharap beruntung dapet tiket. Ada yg give up dan pulang akhirnya. Dan aku masih berjuang lagi dan lagi antre yang pada akhirnya aku give up juga, karena kesel gak beruntung juga capek, kaki berdiri terus dari KRL sampai antre. Well, aku pulang aja dengan naik KRL. Karena udah malem jadi KRLnya lama gak dateng-dateng ada kali 20 menit nungguin. Sewaktu nungguin terdengar takbiran sedih nelangsa mrebes mili, orang-orang lagi menyeru lafadz Allah dimasjid, di rumah sama keluarga, eh aku di stasiun nungguin kereta sambil nesu-nesu dewe gak dapet tiket. Hiks. Tapi ada hikmah banyak si. Kapan-kapan aku ceritain yak. :p

Akhirnya keretaku dateng juga. Senengnya kebagian tempat duduk (yaiyalah sudah malem mah ya). Singkat cerita aku sampai di tanah abang dan sambung naik ojek ke rumah.

Pengalaman perjuangan demi tiket malam itu bener-bener. Hahaha. Kesimpulannya kalau bukan rejeki mau sekeras apapun kamu berjuang, ya gak bakal dapet. Berprasangka baik aja pada Allah karena pasti ketentuan-Nya yang terbaik untuk kita. Eaaa.

dalam otw jogja, 1 september 2017

Kau tak menunggu ucapan hari raya “idul adha” dari ku

Malam idul adha kali ini

Aku enggan menyapamu

Alih alih menyapa dengan maksud mendekat lagi

Ah, sudah cukup

Aku tak seperti aku di tahun-tahun sebelumnya

2014 waktu itu bimbang, menyapa atau menunggu kamu yang menyapa

2015 pun sama

Bimbang

Tak hanya bimbang tapi takut

Takut kamu makin menjauh

Malam takbiran aku tahan agar tak menyapamu

Aku hampir berhasil

Tapi, paginya gagal tak menyapamu

“Selamat hari raya idul adha” kataku pagi-pagi

“Selamat hari raya idul adha” katamu

Ucapan itu selah membuka lagi gerbang

Untuk akrab lagi, kasih lagi

Tahun 2016, masa sakit masa terpuruk

Saling ucap

Tapi sakit

Menahan dan pura pura

Menunduk, ah lupakan

Tahun ini?

Apakah harus sama seperti tahun lalu?

Menyapamu?

Ah, ku kira sudah bukan waktunya

Meski pikiranku dan jari-jariku terus bergerak untuk mengetik “selamat hari raya idul adha”

Aku tahan

Sampai detik ini 23.34 aku berhasil

Tak menyapamu

Sengaja aku sengaja

Aku tahu

Kau tak menunggu ucapan hari raya dariku

Malam takbiran idul adha,

Jakarta 31 Agustus 2017

Yakin Pada Allah [Kisah Orang Shaleh Tak Berpunya Pergi Haji]

Kisah ini aku dengar sewaktu ikut majlis taklim ustadz Hannan Attaki beberapa hari yang lalu di Masjid Sunda kelapa Menteng, Jakarta pusat.

Ini cerita tentang kisah seorang ahli tasawuf pada jaman khalifah …. [kalau aku gak salah denger, khalifah Usman bin affan, waktu itu gak jelas]. Tak usah mempermasalahkan jaman kapan, pokoknya ini kisah menyentuh dan bisa jadi obat kita untuk selalu yakin kepada Allah SWT.

Yuk simak kisahnya!

Pada waktu itu seorang shalih ahli tasawuf yang bernama kyaai Ibrahim Al a’shom (terjaga) berkeinginan untuk pergi haji. Beliau bukan keluarga kaya malah bisa dibilang beliau dan keluarganya hidup pas-pasan. Pada suatu hari, beliau pismis untuk pergi haji karena berat untuk meninggalkan keluarganya. Secara kalau beliau pergi, nanti gak ada yang menafkahi keluarganya. Di masa kegalauannya antara pergi atau gak, dia bertanya kepada anaknya, kurang lebih percakapannya seperti berikut:

Beliau : saya ingin pergi haji, tetapi nanti bagaimana dengan kalian (anak dan istri)? Siapa yang akan memberimu nafkah?

Anak : selama ini yang memberi nafkah kita siapa ayah?

Beliau : Allah, anakku.

Anak : kalau gitu, ayah pergi haji saja, aku dan ibu akan mendapat nafkah dari Allah.

Karena keyakinannya sang anak, bahwa Allah pasti akan memberinya rizki, sang anak dan ibunya mengijinkan sang ayah untuk berangkat haji. Singkat cerita, sang ayah akhirnya berangkat haji. Beberapa waktu setelah sang ayah pergi haji, sang anak dan ibunya kehabisan makanan hanya tersisa air minum. Sang anak dan ibu berusaha mencari nafkah dan berdo’a kepada Allah agar diberi rizki. Pada suatu hari ada rombongan dari istana sedang dalam perjalanan dan kehabisan air. Rombongan tersebut mampir ke rumah anak tersebut dan meminta air. Sang anak memberikanya. Ada yang aneh dengan air yang dikasih. Air tersebut gak kayak air biasa, airnya manis. Karena penasaran dengan air yang didapatkannya, rombongan datang lagi ke rumah sang anak. Kemudian bertanya, asal muasal air yang dinumnya. Air tersebut diambil dari sumur miliknya. Kemudian bertanya tentang sang anak dan keluarganya yang ternyata mereka sedang ditinggal sang ayah berangkat haji. Setelah percakapan tersebut, diketahuilah bahwa keluarga sang anak adalah keluarga orang shaleh kyai Ibrahim. Setelah mengetahuinya, rombongan memberikan harta yang sedang dibawa untuk keluarga anak tersebut. Sang anak dan ibu mendapatkan rizki lewat rombongan yang kehabisan air minum dalam perjalanan.

Pelajaran yang bisa di ambil cerita ini adalah, kita semestinya yakin 100%  terhadap Allah kalau sesuatu yang baik akan terjadi selama kita yakin dan positif thinking kepada Allah SWT.

Allah maha mengerti, maha memberi maha baik. Allah akan memeberi apa yang kita butuhkan dengan jalan yang tak terduga, dengan cara yang sama sekali gak terbesit di pikiran kita. Gak ada yg gak mungkin.

Kita kadang bahkan sering was-was, dan seolah udah tahu apa yang bakal terjadi besok, padahal besok tidak ada yang tahu kecuali Allah sang maha mengetahui. Selama kita berusaha dan yakin 100% kepada Allah, Allah pasti akan memberikan apa yang kita butuhkan. Yakin!