Oh, Perpustakaan Malah Tutup (Perpustakaan Nasional RI)

perpus nasional
Koleksi pribadi

Hari sabtu kali ini, aku pengen keluar rumah entah jalan-jalan ke tempat wisata, ke pasar, makan di luar, ngeskrim, merpus atau apalah intinya keluar rumah. Rasanya jenuh kalau hari sabtu gak diisi dengan kegiatan yang bisa nyenengin diri sendiri.

Ceritanya di mulai dari sepulang kerja.

Sepulang kerja, semalem aku mikir-mikir besok (sabtu) mau ngapain, mau kemana.

Ya, ke perpustakaan saja!

Terbesit pikiran mau ke perpustakaan.

Paginya, aku mulai gooogling, perpustakaan di Jakarta yang hari sabtu buka itu mana saja. Nemu deh beberapa perpustakaan yang bisa dikunjungi. Bingung mau yang mana dulu, dari info yang aku baca, semua perpusnya menarik dan bikin pengen disambangi. Setelah aku baca lagi infonya, aku nentuin perpus pertama yang mau aku kunjungi, perpustakaan nasional Republik Indonesia. Rada ragu, karena menurut info yang aku baca, perpustakaan ini mewah, dan harus daftar jadi member dulu kalau mau masuk. Entah ini bener atau gak (belum aku buktiin).

Akhirnya aku nekat kesana. Sebelum berangkat aku cek dulu, kira-kira berapa duit buat naik gojek kesana. Well, dari rumah ke perpustakaan jaraknya lumayan jauh, Rp 9000,-. Tapi gak papa deh, soalnya aku penasaran sama perpustakaannya. 😀

Waktu menunjukkan jam 09.00 WIB.

Berangkat.

Pesen gojek, dapet gojek.

Menunggu gojek.

Cusss berangkat.

Perjalanan~

Dalam perjalanan, abang gojek ternyata gak tau persis gedungnya yang mana. Tanya ke aku, aku mana tahu jeh. Terus nanya sopir bajaj.

Abang gojek: bang, perpustakaan negara dimana bang?

Abang bajaj: perpustakaan nasional?

Aku: Iya bang itu maksudnya.

Abang bajaj: itu lurus aja, deket, gedung coklat.

Abang gojek: Kanan jalan bang?

Abang bajaj: Iya, lurus aja, tuh belokan ntar belok aja, ntar lewat pinggir aja, itu jalan searah.

Abang gojek: Oh iya. Makasih bang.

Aku: makasih bang.

Aku diturunin di depan gedung sekolah entah SMP atau SMA gitu. Yang kebetulan rame soalnya ada acara nikahan. Aku jadi ragu, ini bener apa gak alamatnya. Tanya deh ke abang-abang di trotoar.

Aku: Bang, perpustakaan nasional mana ya?

Abang di trotoar: Disana neng, lurus aja.

Aku: deket bang?

Abang trotoar: Iya, itu deket.

Aku: oh, makasih, bang.

Aku jalan kaki lewat trotoar sambil merhatiin bangunan-bangunan sekitar. Udah jalan tapi belum ada kode gedung perpusnya ketemu. Dari pada nyasar salah alamat ya kan, aku nya ke polwan yang kebetulan ada di trotoar.  Kata polwan, aku musti jalan lagi, lurus, udah deket.

Well, jalan lagi, sambil nanya dalam hati bener apa gak nih jalan, akhirnya nemu deh tulisan gede “Perpustakaan Nasional Indonesia” yang nampang. Akhirnya, nyampe juga ke perpustakaan yang aku cari-cari. Yeaaha!

Masuk lewat gerbang, ada satpam, aku tanya. Dari pada salah masuk, kayak orang ilang ya kan. Mending aku tanya aja.

Aku: Pak, kalau mau masuk perpustakaan lewat mana?

Pak satpam: baca pengumuman deh neng itu yang disana.

Aku: oh oke. (filing keknya tutup) duh.

Jalan menuju tulisan pengumuman.

Ternyata bener, perpustakaannya tutup. Kecewaaa.

Menurut pengumuman yang aku baca, sehubungan adanya persiapan pindah gedung baru, layanan perpustakaan nasional RI tutup tanggl 23 Juni – 3 September 2017. Udah jauh-jauh, malah tutup. Ya udah gak papa. Ikhlas wae. Haha.

perpus nasional 2
Koleksi pribadi

Aku nanya ke satpam lagi, kira-kira perpustakaan yang deket sini ada apa gak. Satpamnya gak tahu, ya udah aku googling. Dan ngecek gojek, dari perpustakaan nasional ke perpustakaan yang lain. Setelah aku cek satu persatu, nemu deh yang paling murah ongkos gojeknya. Yaitu perpustakaan daerah DKI Jakarta yang alamatnya di taman Ismail Marzuki, Cikini.

Oke, aku naik gojek kesana cuma bayar 5000 pakai gopay. :v

Aku tanya ke gojeknya:

Aku: bang di taman ismail marzuki ada perpustakannya kan?

Abang gojek: wah, gak tau miss.

Aku: waduh, kalau ternyata salah alamat gimana. (was-was selama perjalanan)

Finally, aku diturunin di depan gedung taman marzuki, langsung cari deh yang mana gedungnya. Oh ketemu. Yeay!

Masuk deh ke perpustakaan daerah.

(Cerita bersambung)

Perpustakaan daerah DKI Jakarta, 5 Agustus 2017.

Tinggalkan komentar